Monday, March 5, 2012

Tugu Katulistiwa Pontianak


Apa sih yang menarik dari kalimantan barat??
Nah Sahabat, bagi Kamu yang belum mengenal dan belum tahu keIstimewaan Kalmantan Barat, Perlu saya Informasikan  bahwa Ada sebuah  Fenomena alam yang menarik untuk di ikuti,  ketika Kamu berada di kota Pontianak (Ibu Kota Propinsi Kal_Bar) sekitar bulan Mei dan September.

Sebuah Fenomena alam special, yang terjadi pada setiap 21 Maret-23 Maret pukul 11.50 WIB dan 21 September-23 September pukul 11.38 WIB. di mna pada waktu-diatas semua bayangan benda yang ada di sekitar tugu akan menghilang selama beberapa detik. Peristiwa ini selalu diperingati pemerintah dan warga setempat. dan merupakan salah satu wisata unggulan Kota Pontianak.


menurut sejarah yg berkmbang (catatan Opzichter Wiese pada 1941), Tugu Katulistiwa berdiri, di awali dengan  survei yang dilakukan sebuah tim ekspedisi internasional pada 31 Maret 1928 yang  di pimpin oleh seorang ahli geografi berkebangsaan belanda.Yang kemudian menandai garis lini tersebut dengan sebuah tugu yang berbentuk tonggak berikut ornamen anak panah di puncaknya. samapai saat ini tugu katulistiwa masih kokoh berdiri dan bisa dijumpai di Kec.Pontianak Utara menempuh perjalanan skitar 15km dari pusat Kota.


Ada salah satu hal lagi yg membuat Pontianak menjadi Kota yang istimewa. Seara Geografis, Kalimantan Barat di hadiahi Sebuah Sungai terpanjang di Indonesia (dalam skala intrnasional menempati urutan ke 3 Dunia). dengan panjang total 1.143 km. sungai yang merupakan rumah bagi lebih dari 300 species ikan ini, juga memiliki nilai Historis yang sangat kental bagi Kalimantan Barat karna sbagai sarana penghubung antar daerah di berbagai wilayah kalmantan barat dari era tradisionil hingga saat inipun kerapdi gunakn sebagai jalur transportasi air.

Ada sebauah Ungkapan warga Pontianak " K'lo Udah Minum Air Kapuas, bakalan datang lagi ke Pontianak" lantaran ada kesan yang mendalam, setelah meminum air sungai kapuas (tapi yg udah matang ya, biar nggak sakit perut)
Berikut Lagu Daerah Kalimantan Barat  

 "Sungai Kapuas"
Hei... Sampan Laju,
Sampan Laju Dari Hilir sampai Ke Hulu...
Su...ngai Kapuas,
sunggoh panjang dri dulu membelah Kote...
Hei... Tak di sangke,
Tak di sangke dolo hutan menjadi Kote...
ra..mai penduduknye
Pontianak name Kotenye.
Reff:
Sungai Kapuas Punye cerite
Bile Kite minom aeknye,
Biarpun pergi jauh ke mane,
sunggoh susah nak melupekannye...
Heii.. kapuaass...2x

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons