Tuesday, March 13, 2012

KAMI & BBM

Secangkir Kapucino menemani Ku pagi ini. Slruuup, Oh nikmat niaan(Alhamdulillah Banget ya...) masih hanget uey, maklum  baru di seduh hehe...
pagi ini, media di sibukkan dengan berita bakal naiknya harga BBM. mulai dari media televisi, radio, koran, sampai d laman-laman internet gencar memberitakan prihal ini (Berita Korupsi yg sempat menjadi TOP Isyu kalah Pamor). Takjub ketika salah satu chanel televisi memberitakan aksi penolakan kenaikan BBM yg di lakukan Mahasiswa. salah satu spanduknya menuliskan "BBM Naik SBY Turun".
hmhmm, Pro/Kontra bersemi kembali menanggapi kebijakan pemerintah terkait hal ini. Mulai dari pakar ekonomi,politik sosiologi, pegawai negeri/swasta, pelaku pasar, sampai rakyat jelata di mintai pendapat. Di satu sisi mereka menyayangkan dengan adanya kebijakan pemerintah menaikkan BBM. karna bisa membuat kerusakan Secara sistemik. di sisi lain pemerintah beranggapan menaikkan BBM merupakan salah satu jalan untuk menyelamatkn APBN akibat harga minyak mentah dunia yang melambung tinggi.West Texas Intermediate untuk pengantaran April naik 6 sen menjadi 106,77 dollar AS per barrel pada perdagangan elektronik di New York Mercantile Exchange, Rabu (14/3/2012) pukul 09.40 waktu Sydney.
Salah satu pakar Ekonomi Politik  Ichsanudin Noorsyt berpendapat "kenaikan harga BBM merupakan kesalahan pemerintah dan Badan Anggaran DPR yang tidak mampu memprediksi harga minyak dunia yang ditetapkan Pemerintah lebih rendah dari harga sebenarnya. Dampaknya, dengan alasan defisit anggaran, Pemerintah memilih menaikkan harga BBM untuk menutup kekurangan tersebut". alih-alih bisa memperbaiki perekonomian, Di prediksi kedepannya, dengan naiknya harga BBM bisa mengakibatkan Inflasi di sektor Ekonomi. Akan terjadi PHK besar-besaran, sekolah Mahal(banyak yg putus skolah),pengangguran bertambah, angka kemiskinan meningkat sehingga berpotensi smakin berkembangnya pelaku kriminalitas, terjadi Degradasi Moral dst. Saat ini saja, BBM belum naik, aksi penimbunan minyak mulaimarak terjadi di berbagai daerah di tanah air.Di perparah harga Pangan sudah melonjak di ats harga normal.
Oh ya, menanggapi Hal ini, tadi malam  ketika nemenin Bunda yang lagi masak di dapur. beliau bercerita k'lo harga Telor naik, dari 10rb/kg menjadi 15rb/kg. Aku hanya bisa nelen liur, turut prihatin mndengarnya (wah-wah, bakalan jarang makan telor nie). smakin ribet..bet..bet..bet...
.::Tawararan Solusi::.Revitalisasi
Sahabat, Kita mungkin masih ingat kebijakan pemerintah tahun 2008, pemerintah pernah menetapkan kebijakan tentang adanya penetapan kriteria pengguna BBM subsidi untuk menghemat cadangan minyak Negara. sebuah kebijakan yang dikenal dengan empat skenario pembatasan BBM subsidi. Kebijakan pembatasan BBM subsidi didasari atas kapasitas mesin kendaraan (cc), tahun keluaran kendaraan, berdasarkan peruntukannya (untuk kendaraan umum atau pribadi), dan kelompok kendaraan yang samar-samar. namun di sinyalir dalam realisasinya, hingga saat ini karna kurangnya ketegasan dari pemerintah, banyak mobil pribadi produksi keluaran trbaru masih ikutan ngantri d jalur BBM brsubsidi, walaupun d beberapa SPBU memasang spanduk mengingatkan peraturan trsebut.Capek deeeh....
Konversi
Konversi dari Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas (BBG) merupakan solusi yang belakangan efektif menyikapi krisis Perminyakan yang sedang melanda dunia Internasional. mengingat Indonesia merupakan Negara yang memiliki SDA melimpah, namun tentu ini tidak bisa di lakukan dalam kurun waktu 1-2 tahun.
Menaikkan harga BBM saat ini bukanlah solusi tepat dalam menjawab tantangan Global berkennaan dengan naiknya harga minyak dunia akibat ketegangan yang terjadi antara Amerika dan negara penghasil minyak, karna kerugian yang di akibatkan kebijakan ini akan lebih di rasakan oleh kalangan masyarakat menengah ke bawah.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons